0

Wednesday, October 28, 2015

BAB IV DAN BAB V (RPJMDesa)

BAB IV
RENCANA PEMBANGUNAN JANGKA MENENGAH DESA (RPJMDesa)

Beberapa isu strategis yang terkait dengan pelaksanaan pembangunan di wilayah Desa Cimanggung antara lain : Peningkatan kualitas pelayanan publik, peningkatan sumber daya manusia melalui pemerataan fasilitas pendidikan (berdirinya SD di Dusun II), peningkatan laju pertumbuhan ekonomi kemasyarakatan, peningkatan kondisi lingkungan hidup, pemerataan dan peningkatan infrastruktur sarana umum (jalan desa, jaringan irigasi, sarana olahraga, dan pelayanan kesehatan, dan infrastruktur wisata). Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi bagi kepemimpinan Kepala Desa Cimanggung terpilih periode 2013–2018 dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya menjadi lebih baik.
Berdasarkan kondisi saat ini maupun tantangan dan peluang yang akan dihadapi pada enam tahun kedepan, maka harus disusun sebuah agenda dan prioritas pembangunan bagi Pemerintah Desa Cimanggung, agar tujuan dan sasaran yang ingin dicapai dapat terukur dan terkendali. Dengan demikian, Visi dan Misi Kepala Desa terpilih harus mengakomodir hal tersebut yang selanjutnya akan dijabarkan dalam dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMDesa) Desa Cimanggung tahun 2013-2018, yang akan dijadikan pedoman bagi setiap Stakeholder (pemangku kepentingan/seluruh masyarakat) dalam menyusun rencana program kerja dalam melaksanakan kegiatan pemerintahan di Desa Cimanggung dalam kurun waktu 2013-2018.

4.1        Visi dan Misi
4.1.1   Visi

Berdasarkan kondisi saat ini dan tantangan yang akan dihadapi dalam 6 tahun mendatang serta dengan mempertimbangkan modal dasar yang dimiliki, maka Visi pembangunan Desa Cimanggung Tahun 2013-2018 adalah Mewujudkan Masyarakat Desa Cimanggung Yang Madani

          Desa Cimanggung yang Madani ditandai dengan kondisi lingkungan kehidupan sosial yang makin dijiwai oleh keimanan dan ketaqwaan terhadap  Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan keyakinan masyarakat yang diakui dalam sistem keagamaan nasional, kondisi ideal kehidupan agamis ditunjukkan dari :
1.    Meningkatnya jatidiri dan karakter masyarakat desa yang makin beriman dan bertaqwa,
2.    Menguatnya kemitraan dan tanggung jawab dalam para Pelaku pembangunan sarana dan prasarana Fisik dan Ekonomi di Desa Cimanggung,
3.    dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dicermunkan pada:
1.    Meningkatnya keterkaitan antara sektor primer, sektor sekunder, dan sektor tersier dalam suatu sistem yang produktif, bernilai tambah dan berdaya saing serta keterkaitan pembangunan Fisik dan ekonomi antar wilayah.
2.    Makin kokohnya perekonomian daerah yang berdaya saing secara regional, berbasis pada upaya pengembangan keunggulan kompetitif dan kooperatif dalam mendayagunakan potensi agribisnis, pariwisata, dan home industri.
3.    Meningkatnya akses yang lebih berkeadilan terhadap sumberdaya arah Pembangunan di Desa Cimanggung,
4.    Meningkatnya pendayagunaan dan pemanfaatan potensi desa ditinjau dari asfek SDA dan SDM,
5.    Meingkatnya ketersediaan infrastruktur perekonomian desa, terutama jalan dan jaringan irigasi.
6.    Terwujudnya peraudaraan yang dimiliki oleh segenap elemen anak  desa,sehingga tercipta manyarakat yang bermartabat.
          Kondisi ideal Desa Cimanggung yang Madani ditunjukkan dengan kondisi desa yang Maju , Modern tapi tidak meninggalkan jati diri desa dan selalu menjadi percontohan dalam hal-hal positif di segala bidang di Wilayah Regional ,kabupaten. Ditargetkan pada tahun terakhir masa kepemimpinan periode kepala desa ini, diharapkan desa Cimanggung menjadi desa percontohan minimal di Tingkat Kabupaten. Upaya yang dilakukan adalah dengan memaksimalkan semua potensi yang ada di Desa Cimanggung.
          Kondisi ideal Desa Cimanggung yang  kisunda ditunjukkan dengan segala sesuatu “Ucap, Lengkah sarta Paripolah” serta arah pembangunan didasari dan tidak terlepas dari akar budaya Sunda yang menjadi Misi Sumedang sebagai “SUMEDANG PUSEUR BUDAYA SUNDA (SPBS)”.
4.1.2 MISI    :
1. Meningkatkan Pelayanan Publik Pada Pemerintahan Tingkat Desa;        
    2. Peningkatan Pembangunan Diberbagai Sektor;                                             
    3. Bersama-Sama Masyarakat Dalam upaya Menggali Potensi Desa;
    4. Pelestarian Budaya Dan Kesenian Daerah;
    5. Bersama-Sama Masyarakat  Diberbagai Lapisan Mewujudkan Desa Cimanggung yang Bermartabat.    
4.2        Kebijakan Pembangunan
4.2.1   Arah Kebijakan Pembangunan Desa
Berdasarkan masalah yaang dihadapi desa serta program prioritas tahun
           2013– 2018, maka arah kebijakan belanja desa adalah sebagai berikut :
a.    Penataan Pelayanan Publik dan Efesiensi angaran pada belanja Publik,
b.    Memperbesar alokasi belanja langsung dan belanja bantuan sosial dalam mempercepat pengurangan kemiskinan, serta
c.    Mencari peluang pendanaan dari Berbagai Sumber, baik dari Pos Bantuan maupun Bantuan Langsung Masyarakat yang digulirkan pemerintah pusat.

4.2.2   Potensi dan Masalah
4.2.2.1      Potensi

Potensi adalah sumber daya yang tersedia yang mungkin dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan.
Hasil kajian sketsa desa, secara umum potensi yang dimiliki Desa Cimanggung menggambarkan banyak potensi, namun belum tergali serta belum dimanfaatkan secara optimal.
Namun demikian, berdasarkan hasil kajian Potensi ini bisa maksimal dan dapat digolongkan ke dalam 2  kategori yaitu :
§  Memaksimalkan pendekatan, penyuluhan, pengarahan, penekanan terhadap unsur SDM.
§  Memaksimalkan bila ada stimulus dalam bentuk pendanaan, di Desa Cimanggung.

4.2.2.1.1 Sumber Daya Alam
Keberadaan sumber daya alam di desa Cimanggung sangat melimpah, seperti Batu alam/pasir, Bambu, Kayu, Lahan yang masih luas, Tanah hibah masyarakat, Sumber Daya Alam lainnya, irigasi, sungai, dan lainnya yang bisa digali dan mendukung progam-program pembangunan desa.

4.2.2.1.2     Sumber Daya Manusia
§  Umumnya masyarakat rela lahan miliknya dihibahkan untuk obyek pembangunan
§  Masyarakat masih mau menghibahkan tanahnya untuk digunakan pembangunan sarana prasarana umum, misalnya : untuk jalan, masjid, Posyandu, dll.
§  Masyarakat memiliki semangat yang tinggi untuk membangun desanya dalam upaya mengatasi permasalahan.
§  Semangat gotong royong, khususnya di Dusun I, II dan III masih sangat tinggi.
§  Peningkatan kepedulian masyarakat melalui iuran/sumbangan masih kurang.
§  Banyak tersedia tenaga-tenaga teknis (tukang kayu, tukang tembok, dan pertukangan lainnya),
§  Guru, Bidan, tenaga perawat, kader, masyarakat olahraga, masyarakat seni, dan tenaga profesional lainnya,
§  Tokoh Agama, Ulama, Ustadz, Guru Ngaji, Pelaku seni, pelaku olahraga, tokoh pendidikan, politikus, dll.

4.2.2.1.3     Sumber Daya Kelembagaan
§  Semangat masyarakat untuk aktif dalam berbagai organisasi dan kelembagaan masih sangat tinggi,
§  Lembaga-lembaga yang ada di Desa Cimanggung ; Pemerintah Desa (Pemdes), Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD), Majelis Ulama Desa (MUD), Karang Taruna, PKK, Linmas, Bumdes, PAM Desa  Kelompok Tani (Poktan), Desa Siaga “Mutiara Jaya”, ARWT (Asosiasi Rukun Warga dan Rukun Tetangga), Organisasi Olahraga, Organisasi Kesenian, Lembaga Pendidikan,

4.2.2.1.4     Sumber Daya Finansial
Alokasi Dana Desa, Asset, PAM Desa, Kencleng Masjid/Pengajian,PIK
,PNPM Mandiri, bntuan Propinsi dan Pusat Sumbangan Warga, Sumber
 lain.
4.2.2.1.5     Sumber Daya Sarana
Saat ini kondisi sarana yang ada di Desa Cimanggung terdiri dari Sarana Pelayanan Umum, sarana keagamaan, Sarana Pendidikan, Sarana Keagamaan, Sarana Kesehatan, sarana sosial, Sarana olahraga, sarana infratsruktur jalan, sarana ekonomi, sarana budaya dan kesenian, sarana pariwisata, serta sarana teknologi dan informasi.
Mengenai kepemilikan sarana ini ada merupakan kekayaan desa, dan umumnya merupakan milik warga serta pihak swasta serta yayasan.

4.2.2.2      Masalah
Berdasarkan Penjaringan masalah yang dilakukangan disetiap dusun didapati berbagai permasalahan mendasar.
Permasalahan tersebut telah menjadi bidikan penting program kepemimpinan kepala desa periode 2013-2018, yaitu sebagai berikut :
a.   Bidang Pendidikan
1.      Di Dusun II Cibubuhan : Tidak adanya sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD/TK/RA)
2.      Dusun II Cibubuhan : tidak memiliki sarana pendidikan dasar umum (SD Negeri), dari 3 SD yang ada di Desa Cimanggung semuanya berlokasi di Dusun I, Siswa-siswi SD dari Dusun II Cibubuhan harus berjalan kaki atau naik ojeg untuk pergi dan pulang sekolah ke SD Cimanggung I, II, dan IV,
3.      SD Negeri Cimanggung I : masih kekurangan ruang belajar sebanyak 2 (dua) ruang kelas, tidak memiliki Ruang Perpustakaan, tidak memiliki Ruang Laboratorium, tidak memiliki Ruang Praktek Olahraga, WC tidak memadai dan masih kurang,
4.      SD Negeri Cimanggung II : masih kekurangan ruang belajar sebanyak 2 (dua) ruang kelas, tidak memiliki Ruang Guru,  tidak memiliki Ruang Laboratorium, tidak memiliki Ruang Praktek Olahraga, WC tidak memadai dan masih kurang,
5.      SD Negeri Cimanggung IV : masih kekurangan ruang belajar sebanyak 7 (tujuh) ruang kelas, tidak memiliki Ruang Guru, tidak memiliki Ruang Perpustakaan, tidak memiliki Ruang Laboratorium, tidak memiliki Ruang Praktek Olahraga, tidak memiliki Lapangan Upacara, WC tidak memadai dan masih kurang,
6.      MI Al-Huda Di Dusun III RW. 17 : masih kekurangan ruang belajar sebanyak 2 (dua) ruang kelas, tidak memiliki Ruang Guru, tidak memiliki Ruang Perpustakaan, tidak memiliki Ruang Laboratorium, tidak memiliki Ruang Praktek Olahraga, serta WC tidak memadai dan masih kurang,
7.      SMK Swasta Al-Amah : masih kekurangan ruang belajar sebanyak 4 (empat) Ruang Kelas, tidak memiliki Ruang Perpustakaan, tidak memiliki Ruang Laboratorium, tidak memiliki Ruang Praktek Serba Guna, tidak memiliki Ruang Guru, tidak memiliki Lapangan Olahraga, tidak memiliki Lapangan Upacara, masih belum adanya dibenteng sekolah,
8.      Pondok pesantren : di Dusun I, II dan III sebanyak 3 buah, bangunannya rusak dan minim fasilitas, serta sarana prasarana,
9.      Mesjid : ditiap dusun kondisinya banyak yang rusak
10.   Sebanyak + 40 orang  siswa usia 7-16 tahun tidak mampu sekolah.

b.   Bidang Kesehatan
1.      Sarana POSYANDU 4 RW ada, dan yang lain masih menumpang,
2.      Pembangunan Posyandu di tiap Dusun
3.      Masih ada sekitar 26 % warga yang belum memiliki MCK Pribadi,
4.      Masih ada sekitar 26 % warga yang belum Buang Air Besar (BAB) di Selokan,
5.      Kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan masih perlu ditingkatkan.
6.      Sebagian Masyarakat kekurangan Air Bersih pada musim Kemarau.

c.    Bidang Sarana Prasarana
d.   Infrastruktur Jalan :
-      Jalan Desa wilayah RW. 11, RW. 12, RW 20,  + 1 KM, kondisinya sebagian belum diperkeras (belum diaspal), sebagian pernah diaspal tapi kondisinya sudah rusak parah (Jalan ini menghubungkan antar Dusun)
-      Jalan lintas desa Cimanggung - Tegalmanggung sepanjang 1.000 meter, masih buntu (cihonje),
-      Jalan Cilimusjangkung RW. 16 + 1,8 KM menuju Desa Pasirnanjung sering rusak, terutama pada musim hujan, walau sering diperbaiki, karena kedudukan TPT (Drainase Perlu diperbaiki),
-      Jalan Kabupaten dari Batas Desa Sindangpakuon ke Batas Desa Tegalmanggung, sepanjang  + 1,600 meter banyak yang sudah rusak,
-      Jalan dari Dusun III RW. 17 sampai dengan Kawasan Wisata Patambon sepanjang 600 Meter, masih terdiri dari tanah dan perlu diperlebar,
-      Kondisi Jalan di RW. 07,08,09,10, 11,12,13, Cibubuhan tebingnya banyak yang belum di TPT, serta di dusun IIIdi rw 14,16, 18,19 belum di TPT
-      Jalan Gang di setiap RW sudah banyak yang rusak, bahkan masih ada yang belum dibangun sama sekali,
-      Jalan menuju Saung budaya belum di TPT dan diperbesar
-      Jalan menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Astana Gede dari Kp. Salacau RW.06 beum pemeluran
-      Jalan menuju Tempat Pemakaman Umum Cibembem (TPU) sepanjang + 1600 meter belum dipelur
-      Jalan Gang menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Anangeam di RW. 04 sepanjang + 300 meter rusak dan masih terdiri dari tanah,
-      Jalan gang antar dusun Gang RW04 dan RW09 dan RW 06 dan RW 10
      Belum Terhubung ,
-      Jalan gang antar RW masih banyak yang belum terhubung
-      Penambahan tanah  untuk TPU di tiap Dusun

1.      Irigasi : 
-      Terjadi Longsor pada Saluran Irigasi di Dusun Cireungas yang sangat parah, sehingga air terbuang percuma,
-      Saluran Irigasi Cihonje – Cimalagantung sepanjang 1200 meter kondisinya sudah kurang bahkan tidak berfungsi, karena terjadinya pendangkalan (sedimentasi), serta banyak bagian badan solokan yang terbawa longsor,
-      Saluran Irigasi Citokbray dan legokbitung belum memadai secara teknis
-      Saluran Irigari Cibubuhan dan Cibembem belum memadai secara teknis
-      Saluran irigasi salaawi dan ranca belum memadai secara teknis
-      Masyarakat pada musim kemarau tidak bisa menanam padi, atau bertani yang menggunakan karena jaringan irigasi susut (kekurangan air),
-      Dampak dibangunya Perumahan mengakibatkan terjadinya saluran /solokan Cibembem  menjadi erosi dan longsor perlu di TPT panjangnya 1,5 km

2.      Kepariwisataan :
-      Kondisi Kawasan Wisata Patambon, belum digarap secara maksimal     
-      Banyak jenis dan group kesenian yang masih eksis, tapi tidak di kelola dengan maksimal karena minim fasilitas,
-      Penataan wisata Ziarah Makam Mbh Padik,

3.     Lingkungan Hidup :
-      Drainase di sepanjang Jalan, yang berstatus Jalan Desa/Kabupaten sepanjang 12.000 meter tidak tertata, sehingga air banyak ke jalan dan merusak badan jalan,
-      Pada musim kemarau hampir 60 % masyarakat kesulitan air bersih,
-      Kawasan Hutan di Gunung Kareumbi yang menjadi sumber utama air di Desa Cimanggung, kondisinya gundul dan Rusak Berat,
-      Sekitar 30 % warga belum memiliki sambungan listrik sendiri,
-      Lingkungan jalan desa dan gang (sekitar 80 %) masih banyak yang belum diterangi listrik
-      Sekitar 40 % rumah warga yang tidak layak huni,
-      Terjadi penyempitan lahan di 3 (tiga) Tempat Pemakaman Umum (TPU), yaitu, TPU Astana Gede, TPU Anangeam, dan TPU Cibembem, oleh pemilik lahan/sawah yang berbatasan langsung dengan TPU.

4.     Bidang Sosial Budaya
-      Sekitar 40 % mayarakat usia produktif belum memiliki pekerjaan tetap,
-      Sarana pendukung pertanian masih kurang dalam intesifikasi dan ekstensifikasi pertanian,

5.     Pertanian, Peternakan, dan Perikanan
-      Bibit tanaman bagi para petani kurang tersedia,
-      Kompetensi para petani masih kurang,
-      Peternak domba masih perlu dukungan pengadaan bibit sebanyak + 500 ekor,
-      Peternak sapi pedaging masih perlu dukungan pengadaan bibit sebanyak 500 ekor,
-      Kolam ikan air tawar yang dimiliki warga sebanyak 100 kolam, belum digarap secara maksimal( kolam tetenong dan tradisional),
-      Diperlukan berbagai jenis bibit ikan bagi 100 orang pemilik kolam air tawar,

6.     Bidang Koperasi dan UKM
-      Asset Desa yang ada tidak berjalan maksimal,tanah desa Pam desa dan lainnya
-      Para pelaku usaha kecil perlu dukungan modal,
-      Tidak punya tempat sebagai pusat kerajinan Makanan Khas desa Cimanggung, dan makanan khas lainnya, dalam upaya membangun kawasan wisata misalnya : “SENTRA PRODUKSI CIMANGGUNG”

7.     Bidang Pemuda dan Olahraga
-      Oftimalisasi dan Eksistensi Karang Taruna,
-      Lapang sepakbola Desa Cimanggung di selatan belum di TPT,
-      Klub-klub Olahraga yang ada di desa, terutama klub sepakbola, bola voli dan tenis meja, masih sangat kekurangan sarana prasarana berupa lapangan dan peralatan,
-      Organisasi olahraga di Tingkat Desa belum maksimal

8.     Bidang Kelembagaan
-      Gedung/Kantor Desa Cimanggung Letak, lokasi, serta kondisinya kurang memadai,
-      Desa Cimanggung belum memiliki Ruang Serba Guna,
-      Kompetensi Perangkat Desa serta Lembaga lainnya masih kurang,
-      Kerjasama antar lembaga yang ada di desa belum maksimal,
-      Sarana dan prasarana kantor desa sudah rusak dan masih kurang,
-      Di Desa Cimanggung sekitar 90 % tidak memiliki Kantor RW dan Minim Fasilitas Ruangan dan Juga Penunjang Administrasi,
-      BPD belum memiliki kantor
-      LPMD belun neniliki sekretariat



4.2.3. Program Pembangunan Desa
Tabel : 29
Program Pembangunan Desa
Tahun 2013-2018

NO
BIDANG KEGIATAN
TAHUN
2012
2013
2014
2015
2016
2017
2018
Sumber Dana
1
2
3
4
5
6
7
8
9
I
BIDANG PENDIDIKAN








1.1
Pembangunan SD di Dusun II relokasi SDN Cimanggung IV
70.000.000







DAK
1.2
Rehab SDN Cimanggung II








1.3
Rehabilitasi SDN Cimanggung I,








1.4
Pengadaan dan Penambahan WC SD Negeri Cimanggung I








1.5
Pengadaan dan Penambahan WC SD Negeri Cimanggung II








1.6
Pengadaan dan Penambahan WC SD Negeri Cimanggung IV








1.7
RKB SDN Cimanggung IV, dan penambahan Ruang Belajar 7 L0KAL








1.8
RKB SDN Cimanggung II, dan penambahan Ruang Belajar II








1.9
Pengadaan dan Penambahan WC MI Al-Huda








1.10
Pembangunan Penambahan Ruang Serba Guna (Ruang Praktek) SMP Swasta Al-Amah








1.11
Pembangunan Penambahan Ruang kelas SMK Swasta Al-Amah








1.12
Pembangunan Penambahan Ruang Serba Guna (Ruang Praktek) SMK Swasta Al-Amah








1.13
Pengadaan dan pembangunan Ruang Laboratorium SMK Swasta Al-Amah








1.14
Pembangunan Pondok Pesantren Cikalama II dan Masjid








1.15
Rehabilitasi dan Pembangunan Pondok Pesantren Al-Mabrur








1;16
Rehabilitasi dan Pembangunan Pondok Pesantren Al-Amanah








1.17
Rehabilitasi dan Pembangunan Pondok Pesantren Al-Huda








1.18
Rehabilitasi Masjid Bunisari








1.19
Renovasi Atap Masjid Nurul Hidayah








1.20
Perluasan Masjid Nurul Hidayah








II
BIDANG KESEHATAN








2.1
Pembangunan Sarana POSYANDU








2.2
Pengadaan MCK Umum di 3 Dusun








2.3
Penyuluhan tentang kebersihan lingkungan pada masyarakat








2.4
Peningkatan Sarana Air Bersih di Dusun I Dari Sumber Air Cikelek








2.5
Peningkatan Sarana Air Bersih di Dusun I Dari Sumber Bihbul








2.6
Peningkatan Air Bersih di Dusun II Yang belum terpenuhi secara maksimal













NO
BIDANG KEGIATAN








III
3.1
BIDANG SARANA PRASARANA
Peningkatan Irigasi Salaawi Cirengas








3.3
Peningkatan Jalan desa Cilimusjangkung RW. 17 sampai Batas Desa Pasirnanjung sepanjang  + 1800 meter








3.4
Pembangunan Irigasi Cibubuhan








3.5
Pembangunan Jalan dari III RW. 17 sampai dengan Kawasan Patambon sepanjang 600 Meter








3.6
Pembangunan Irigasi Warunenggang, Legokbitung dan Cibembem








3.7
Pembenahan Drainase Perum – Cibembem + 1,5 km








3.11
Penambalan Jalan Desa Cilimusjangkung








3.14
Perbaikan Jalan  antar dusun Cilebak- lamping








3.16
Perbaikan jalan / Pemeluran jalan Taneuh beureun-Cibembem 1200 m













3.17
Peningkatan jalan III Pasirmuncang – Batunangtung 700 m








3.18
Perbaikan Jalan lintas Dusun I dan II (dan RW 06 dan 10)








3.19
Penataan Drainase di sepanjang Jalan Desa/kabupaten,








3.20
Pembangunan TPT Jalan desa Cibubuhan legikbitung-Pedes 3500 m








3.21
Pembangunan/Pemeluran Jalan Gang di setiap RW dan penambalan








3.22
Pembangunan GOR Desa Cimanggung








3.23
Pemeluran menuju Tempat Pemakaman Umum (TPU) Astana Gede dari Kp. Cihonje RW. 19 sepanjang + 300 meter.








3.24
Pemeluran Jalan Gang menuju TPU Anangeam sepanjang + 300 meter








3.25
Pengerasan dan Pemeluran Jalan Gang menuju TPU Cibembem sepanjang +1 200 meter








3.26
Irigasi Cimalagantung, Cibubuhan Citokbray, Cibembem dan salaawi, Cireungas sepanjang 6000 meter








IV
BIDANG LINGKUNGAN HIDUP








4.1
Pembelian sumber mata air Untuk pengadaan air bersih di 3 dusun








4.2
Penanaman (reboisasi) kawasan Hutan Lindung dan hutan rakyat seluas 3000 hektar








4.3
Pembangunan Poskamling dan penjadwalan Kegiatan Ronda Malam








4.6
Penanganan  Warga yang belum memiliki sambungan listrik sendiri








4.7
Penataan Penerangan Jalan Umum dan Gang secara bertahap








4.8
Penanganan dan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni








4.9
Penambahan Astana, Anangeam, Cibembem, , dan TPU astana gede








V
BIDANG SOSIAL BUDAYA








5.1
Penanganan warga usia produktif yang belum mendapat pekerjaan








5.2
Pemenuhan Sarana pendukung pertanian yang diperlukan








5.3
Pemenuhan ketersediaan  Bibit-bibit tanaman pendukung pertanian








5.4
Peningkatan kapasitas kompetensi petani melalui penyuluhan








5.5
Pengadaan melalui penambahan bantuan fasilitas perlatan kesenian








5.6
Pelestarian jenis-jenis kesenian yang hampir punah, dan mengali kembali kesenian yang sudah punah








VI
Pemuda dan Olahraga








6.1
Optimalisasi Organisasi Kepemudaan, khususnya Karang Taruna








6.2
Bantuan peralatan dan sarana bagi klub-klub sep Bantuan peralatan dan sarana bagi klub-klub sepakbola dan klub bola dan klub bola voli








6.3
Pembangunan Tembok Penahan (TPT) untuk Lapang Sepakbola Cimanggung








6.4
Peningkatan kapasitas organisasi olahraga desa (KONIDES)








VII

BIDANG KEGIATAN
Pemerintahan








7.1
Belanja Operasional Pemerintahan Desa








7.2
Belanja Operasional BPD








7.3
Belanja Fisik Pelayanan Publik









7.4

Belanja Non Fisik Pelayanan Publik









7.5

Rehabilitasi Kantor Desa Cimanggung








7.6
PEningkatan Kapasitas dan Kelembagaan








7.7
Peningkatan dan pembenahan di pertanahan,pajak , asset desa Cimanggung









7.8
Pembenahan dan penataan kantor BPD dan Kelembagaan desa








7.10
Penambahan sarana dan prasarana kantor desa (meubeler, mesin computer, printer, dll)








7.11
Pembangunan sarana Aula Desa








VIII
BIDANG KOPERASI DAN UKM








8.1
Optimalisasi BUMDES melalui penambahan modal dan optimalisasi ekonomi kaum perempuan








8.2
Diupayakan Penambahan modal bagi para pelaku Usaha Kecil dan menengah








8.3
Pemenuhan bibit ternak bagi para peternak domba sebanyak 500 ekor








8.4
Pemenuhan bibit ternak bagi para peternak sapi pedaging sebanyak 500 ekor








8.5
Intensifikasi kolam air tawar milik warga sebanyak 100 kolam








8.6
Pemenuhan kebutuhan bibit ikan air tawar untuk 100 kolam air tawar








8.7
Pelestariaan nilai dan azet budaya dan kesenian tradusional









Pemenuhan modal bagi Pengusaha Kecil






































































4.2.3   Strategi pencapaian

Berdasarkan Gambaran Umum dengan mengkaji berbagai potensi dan permasalahan, isu-isu strategis dan kondisi yang dihadapi Desa Cimanggung saat ini, serta memperhatikan Visi dan Misi Desa Cimanggung Tahun 2013-2018, maka perlu diwujudkan dengan menentukan program-program Akselerasi Pembangunan Desa (SUPER PRIORITAS KEGIATAN) yaitu diantaranya :

a.    Melanjutkan berbagai program yang belum dicapai oleh kepala desa sebelumnya,Pemekaran/Pemecahan Desa dalam kerangka Percepatan Pemerataan Pembangunan
b.    Pengembangan sarana dan prasarana pendidikan, pemerataan, dan optimalisasi di bidang pendidikan dasar dan menengah, baik formal maupun non formal, terutama yang diharapkan pada akhir tahun 2018 di dusun II telah berdiri sekolah dasar, serta seluruh masyarakat desa Cimanggung telah selesai menerapkan program Wajar Dikdas 12 Tahun, terutama diarahkan kepada pengembangan pendidikan kejuruan,
c.    Penataan, Pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan sarana infrastruktur ekonomi, terutama jalan desa dan jaringan irigasi desa,
d.    Penataan Pembangunan, rehabilitasi, dan pemeliharaan sarana di bidang kepariwisataan, dengan program revitalisasi Kawasan Wisata Alam Patambon dan situs lainnya,
e.    Pengembangan, dan peningkatan di bidang pelayanan kesehatan masyarakat,
f.     Penataan dan pengawasan, serta pengendalian lingkungan hidup,
g.    Pemeliharaan, revitalisasi, serta pelestarian budaya kesenian tradisional.
h.    Mengupayakan berbagai hal yang dapat membangkitkan ekonomi dan daya masyarakat,
i.     Peningkatan, pemeliharaan, dan pengelolaan di bidang keolahragaan,
j.     Meningkatnya serta mewujudkan keamanan dan ketentraman di lingkungan desa Cimanggung dalam rangka mewujudkan masyarakat yang bermartabat.





BAB V 
PENUTUP




Demikian RPJMDesa Desa Cimanggung ini dibuat untuk menjadi pedoman dalam pelaksanaan Pembangunan di Desa Cimanggung Kecamatan Cimanggung Kabupaten Sumedang Tahun 2013 -2018 yang selanjutnya setiap tahun akan dijabarkan dalam Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDesa).





                                                        Cimanggung,    Januari 2013

                                                        Kepala Desa Cimanggung,





                                                              YAYAT HIDAYAT

No comments:

Post a Comment